Selasa, 29 Januari 2013

Cara Perawatan Ikan Hias

Ikan hias adalah binatang peliharaan yang simpel dan tidak terlalu sulit untuk memeliharanya ikan hias dapat menghilangkan jenuh atau stress karena biasanya orang saat jenuh bila melihat air dan pemandangan di dalam air tersebutdapat menghilangkan kejenuhan di fikirannya dan kembali fresh lagi, namun bagaimana cara perawatan ikan hias agar tidak cepat mati dan selalu indah?, simak tips berikut:

1. Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan. Perhatikan faktor-faktor berikut:
    Seberapa besar ikan tersebut bila dewasa dan apakah Anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh ikan setelah dewasa.
    Cari tahu mengenai suhu air, rentang pH dan sebagainya.
    Jenis makanan ikan.
    Temperamen spesies ikan hias. Apakah spesies tertentu cocok untuk disatukan dengan jenis ikan yang sudah Anda miliki atau ingin Anda pelihara di masa mendatang.
    Apakah spesies yang akan Anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat? Apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak?
    Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit tertentu?
2. Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan ruang yang Anda miliki. Akuarium yang besar menyebabkan air dalam akuarium lebih stabil. Sebagai contoh, bila pemanas suhu rusak, dan toko-toko Jual Ikan sudah tutup, suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar.
3. Pelajari tentang siklus nitrogen dalam akuarium.
4. Pelajari peralatan akuarium.
5. Belilah buku-buku tentang ikan hias.
6. Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan.
7. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium. Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia, nitrit, nitrat dan pH. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakan air PAM.
8. Jangan meletakkan akuarium di dekat jendela. Cahaya matahari yang memasuki akuarium akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat.
9. Jangan mengikuti aturan 1 inch ikan per 1 galon air. Aturan yang lebih baik adalah 1 inch ikan per 2-3 galon air.
10. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium.
11. Beli filter akuarium yang memiliki beberapa cartridge, sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor.
12. Jangan membilas filter dengan air ledeng. Gunakan air dalam akuarium yang sudah Anda saring saat mengganti air ikan hias. Klorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter.

Demikian tipsnya dalam perawatan ikan hias semoga menambah pengetahuan anda dalam memelihara ikan hias, temukan info menarik tentang ikan hias



Temukan artikel terkait: Cara Perawatan Sepeda Kumbang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar