Jumat, 15 April 2011

Manfaatnya Olahraga Jogging

Health - Siapa sangka, dibalik gerakannya yang ringan dan termasuk kategori olahraga kardiovaskular yang murah meriah, sejuta manfaat menyertai aktivitas jogging ini!

Dengan aktivitas rutin sekurangnya 30 menit sehari, tubuh kita akan lebih sehat, metabolisme lancar dan kelenturan otot serta massa otot akan tetap terjaga. Joging yang benar adalah melakukan gerakan berlari atau berjalan santai, diiringi mengatur sistem pernafasan untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan proses pembakaran energy yang maksimal.

Manfaat jogging antara lain, mengurangi resiko terkena serangan jantung. Dengan berjoging secara teratur, minimal tiga kali seminggu selama 30 menit setiap harinya, maka otot jantung membutuhkan aliran darah yang lebih deras dan lancar. Berjogging akan membantu memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.

Selain itu, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan aktivitas joging. Dengan berjoging tercatat mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 50 persen. Hebat!

Selain itu, jogging juga baik untuk membakar lemak sekaligus menurunkan berat badan. Ya, selain berat badan dipertahankan stabil, mereka yang mulai kelebihan berat badan, bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan ini secara rutin. Kelebihan lemak di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan jogging dengan intensitas minimal satu jam. Mencegah osteoporosis bisa juga dilakukan dengan jogging. Tidak hanya otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar sinar matahari pagi langsung agar terbebas dari ancaman osteoporosis.

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar